BBPOM Serang Kampanyekan Kesadaran Bahayanya Resistensi Antibiotik
23 November 2021 14:02
Berita Aktual

Selasa (16/11) Balai Besar POM di Serang mengadakan Sosialisasi Peningkatan Anti Microbial Resistence (AMR) dalam rangka meningkatkan kesadaran (awareness) tenaga pengelola dan pelaku usaha di sarana pelayanan kefarmasian akan bahaya AMR . Acara yang dihadiri oleh 47 peserta terdiri dari Apoteker Penanggungjawab Klinik dan Apotek dibuka oleh Koordinator Kelompok Substansi Infokom (Rhatih Eka Sasongko). Hadir sebagai narasumber yaitu Tim Program Pengendalian Resistensi Antimikroba (PPRA) RSUD dr. Drajat Prawiranegara (Margaretha) dan Koordinator Kelompok Substansi Pemeriksaan (Prabandaru Bismo).


Dalam paparannya, kedua narasumber menjelaskan dampak resistensi antimikroba yang menjadi tantangan global karena sudah semakin massive sehingga perlu kerjasama lintas sektor untuk menghambat penyebaran resistensi Antimikroba. Antusiasme peserta terlihat saat berdiskusi dan berbagi pengalaman terkait tantangan mengedukasi masyarakat dalam menggunakan antimikroba pada swamedikasi dan profilaksis (pencegahan), serta penggunaan antimikroba tidak sesuai dengan anjuran dokter.

Melalui kegiatan Sosialisasi Peningkatan Awareness AMR ini diharapkan Pemilik Sarana dan Apoteker Pengelola Apotek/ Kinik dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan antibiotika secara rasional dan dilakukan sesuai ketentuan dan regulasi yang berlaku serta dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih bijak dan tidak dalam penggunaan antibiotik sehingga upaya pengendalian AMR dapat berjalan lebih efektif dan optimal.

 

Balai Besar POM di Serang